Kamis, 18 Juni 2015

Sepatu dan Pakaian Olahraga Nike Adalah Market Leader

Sepatu dan Pakaian Olahraga Nike Adalah Market Leader

Hampir setiap orang mengenal produk pakaian olahraga Nike. Sebagai brand apparel yang dianggap branded, produk Nike memang dengan mudah dapat dikenali lewat logo khas yang dimiliki dan slogannya yang begitu terkenal, yakni “Just Do It”. Nama Nike sendiri diambil dari salah satu dewi di dalam mitologi Yunani yang memiliki arti kemenangan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1964 saat seorang atlet bernama Phillip Knight yang berasal dari Oregon memiliki gagasan untuk mengimport sepatu atletik dari Jepang. Hal tersebut dia lakukan karena ingin menyaingi merek apparel Jerman yang begitu dominan pada masa itu.

Meski terbilang sangat sukses, namun bukan berarti perjalanan bisnis sepatu dan pakaian olahraga Nike tidak menghadapi kendala. Tepatnya pada tahun 1980-an, saat Nike begitu dominan di industri yang mereka geluti, muncul pesaing baru yang sedikit banyak berpengaruh kepada angka penjualan Nike. Akan tetapi, pada tahun 1990, produk pakaian olahraga Nike kembali menguasai, terutama saat “Air Jordan” mereka rilis untuk pertama kalinya. Sepatu yang menggunakan pebasket terkenal Michael Jordan tersebut hingga saat ini tetap menjadi salah satu ikon produk yang mereka miliki. Saat ini, menurut berbagai sumber, Nike tetap menjadi yang teratas di industri sepatu olahraga.

Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike hingga saat ini masih dibuat di negara – negara Asia. Berawal di Jepang, namun kemudian berkembang dan mengambil lokasi lainnya di Korea Selatan dan Taiwan mulai tahun 1972. Namun karena adanya pergolakan di kedua negara tersebut, Nike kemudian mencoba untuk mencari lokasi lain, yaitu Asia Tenggara. Tentu saja, hal tersebut didasari atas murahnya upah tenaga kerja di kawasan tersebut.

Produk – produk sepatu dan pakaian olahraga yang dibuat dan dipasarkan oleh Nike selalu saja menjadi acuan yang digunakan oleh brand lain untuk membuat produk serupa. Bisa dibilang produk sepatu dan pakaian olahraga Nike adalah pemimpin di industri ini. Memang perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tidak pernah ingin main – main dalam membuat produk. Setiap produk yang mereka buat selalu memiliki desain yang unik dan bahkan berteknologi tinggi. Untuk membuat produk baru, Nike selalu melibatkan para atlet professional di setiap cabang olahraga yang ingin mereka masuki. Para atlet tersebut akan digunakan dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh para ilmuwan dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi. Hasil dari tes akan digunakan sebagai panduan dalam membuat produk olahraga, baik itu sepatu maupun pakaian olahraga.

Meski pada awalnya dibuat untuk para atlet dan pecinta olahraga, namun dalam perkembangannya Nike juga menyasar para penggila fashion. Mereka membuat beragam produk pakaian dan aksesoris fashion yang secara khusus menyasar kawula muda pecinta gaya sporty. Dengan kemampuan yang mereka miliki, rasanya tidaklah mengherankan apabila sepatu dan pakaian olahraga Nike berhasil menjadi “market leader”.

Sepatu dan Pakaian Olahraga Nike Adalah Market Leader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar